7 Makanan Khas Uganda yang Harus Anda Coba

7 Makanan Khas Uganda yang Harus Anda Coba

Masakan Uganda adalah makanan untuk jiwa, bukan hanya untuk perut! Masakan di Uganda berfokus pada bahan-bahan lokal dan teknik kuno, dengan hasil bumi khas negara tersebut seperti matoke (pisang masak), tepung jagung, kacang-kacangan, ubi jalar, singkong, dan kacang tanah yang semuanya disajikan secara kental dalam hidangan. Makanan adalah bagian besar dari budaya di sini, dan sebagian besar suku memiliki hidangan khas mereka sendiri. Terutama, makanan di sini memiliki pengaruh Inggris, Asia, dan Arab, serta tentu saja Afrika.

Semur hangat, daging panggang, dan roti manis hanyalah beberapa hal yang lezat untuk disantap di sini. Meskipun Anda akan mendapatkan pengalaman masakan Uganda terbaik di negara itu sendiri, Anda juga dapat membuat ulang beberapa hidangan tersebut di rumah.

Ini juga bukan sembarang resep. Mereka berasal dari beberapa blogger makanan terbaik dunia yang telah membuat ulang hidangan dengan cermat sehingga Anda bisa membuatnya di rumah. Pastikan untuk menandai dan mengikuti blog mereka untuk suguhan foodie yang lebih enak.

1. Luwombo

Oluwombo atau luwombo adalah resep tradisional Uganda. Ini adalah hidangan kerajaan dan hidangan yang cukup umum yang dimasak terutama selama liburan. Ini bisa disiapkan dengan daging sapi, ayam, babi atau kambing, dan memasak dengan daun pisang yang memberikan rasa yang luar biasa.

2. Rolex

“Rolex” Uganda adalah sarapan mewah yang dapat Anda temukan di sudut jalan mana pun di seluruh negeri. Ide dasarnya adalah telur yang dimasak dengan kubis, bawang bombay, tomat, dan terkadang paprika, yang kemudian dibungkus dengan chapati.

3. Chapatti

Mudah membuat chapati yang bersisik, berlapis, dan enak. Dibuat dengan beberapa bahan sederhana!

4. Matoke Pedas

Matoke adalah karbohidrat pokok yang disukai jutaan orang di Afrika Timur dan Uganda pada khususnya. Ini adalah kari pisang hijau dengan segenggam rempah-rempah. Versi ini melihat tekanan Matoke dimasak sampai empuk dan kemudian dihaluskan dengan banyak mentega, bawang lunak, jintan, tomat dan kayu manis.

5. Kacang Vegan

Hidangan yang kaya dan harum ini adalah hasil vegan dari ‘Ebinyebwa’ atau sup kacang Uganda. Penuh dengan sayuran, ini adalah makan malam yang sempurna! Ini sangat mirip dengan jenis makanan ‘masukkan semuanya ke dalam wajan dan biarkan’ sehingga cocok untuk memasak sebelumnya selama seminggu atau untuk dibekukan.

6. Kentang Kari

Kentang kari adalah makanan pendamping Uganda yang populer dan mudah dibuat. Sajikan panas dengan ayam panggang atau semur daging. Kepedasan hidangan ini sangat kontras dengan bumbu yang lebih manis.

7. Mandazi

Mandazis adalah roti kelapa goreng. Rasa manisnya sangat lembut, cukup untuk dinikmati dengan secangkir teh saat sarapan tetapi masih cukup ringan untuk ditemani dengan kari ayam dan kelapa berasap.