5 Permata Tersembunyi di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

5 Permata Tersembunyi di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Ketika orang berpikir tentang tujuan wisata di Indonesia, ada satu kata yang muncul di benaknya: Bali. Tapi bagaimana dengan tempat lain seperti Jawa Timur? Itu adalah provinsi yang kaya akan keajaiban dan pesona. Untuk memberikan gambaran kepada Anda yang sangat suka traveling, berikut ini beberapa permata tersembunyi di Jawa Timur yang wajib dikunjungi.

1. Pulau Bawean

Sebuah pulau yang terletak sekitar 150 km sebelah utara Surabaya di Laut Jawa, di lepas pantai Jawa; itu salah satu pulau terindah yang pernah Anda kunjungi. Ia juga dikenal sebagai Pulau Putri atau “Pulau Wanita”. Bawean dikelilingi oleh pantai-pantai cantik seperti Gili Noko dan Noko Selayar. Dengan pemandangan dan pemandangan yang indah, mereka pasti akan membuat Anda terkagum-kagum. Jika Anda mencari pemandangan matahari terbenam yang memukau, pantai Makam Panjang dan Tanjung Gaang adalah tempat yang tepat. Dengan spot-spot cantik untuk jepretan sunset, pantai-pantai ini jadi lokasi Instagrammable yang luar biasa.

Selain pantai, ada Danau Kastoba yang terletak di Desa Paromaan, Candi, Kecamatan Tambak, Bawean Gresik. Terlepas dari ratusan anak tangga yang harus Anda daki, itu akan sia-sia saat Anda melihat air yang jernih dan udara segar dan mengagumi hadiah indah dari alam ini. Ada juga Suaka Rusa Bawean yang merupakan salah satu spesies endemik Bawean yang hanya terdapat di pulau ini. Anda bisa mencapai tempat ini dengan menggunakan speedboat atau kapal feri. Jadi tunggu apalagi? Pulau Bawean adalah tempatnya!

2. Gua Lowo

Gua Lowo, sebuah gua yang terletak di Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, dalam bahasa Indonesia berarti “gua kelelawar”. Seperti namanya, Anda tidak akan menemukan makhluk lain selain kelelawar di gua tersebut. Meski panjang goa mencapai sekitar lima km, hanya 859 meter yang bisa diakses pengunjung. Gua Lowo juga merupakan gua alam terbesar di Asia Tenggara. Karena gua ini dikelilingi oleh hutan jati, Anda bisa langsung merasakan udara segar dan angin pegunungan begitu tiba.

Saat Anda masuk ke dalam gua, Anda akan melihat ruang gua yang luas, dindingnya dihias dengan indah dan, tentu saja, panorama yang sangat indah. Ini pasti akan menjadi suguhan bagi Anda yang artistik; gua ini dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmit. Sinar mentari di dalam gua pasti menambah nuansa estetika. Ada juga jembatan dan lampu listrik di sepanjang gua; panggilan nyata untuk petualangan!

3. Gunung Ijen

Ijen adalah sekelompok gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung Ijen adalah danau kawah asam dengan lebar satu km, berwarna biru kehijauan. Gunung ini juga dikenal dengan nyala api biru, pemandangan yang spektakuler dan luar biasa. Objek wisata ini telah menarik perhatian banyak orang, terutama sejak National Geographic menyebut api biru Ijen.

Fenomena tersebut telah terjadi sejak lama, tetapi lintas alam tengah malam belum begitu populer hingga saat ini. Diperlukan pendakian selama dua jam untuk mencapai tepi kawah, diikuti dengan 45 menit mendaki ke tepi kawah. Api biru tersebut menyulut gas belerang, yang muncul dari retakan pada suhu yang mencengangkan hingga 600°C. Apinya bisa sampai setinggi lima meter. Beberapa gas mengembun menjadi cairan dan masih menyala. Ini adalah area api biru terbesar di dunia dan masyarakat lokal menyebutnya sebagai “api biru”. Pastikan untuk datang dan mengunjungi tempat indah ini saat ada kesempatan!

4. Tumpak Sewu

Tumpak Sewu yang artinya “seribu air terjun” dalam bahasa Indonesia pasti akan menjadi salah satu kenangan perjalanan terbaik Anda. Air terjun indah setinggi 120 meter ini menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Anda dapat melihat air terjun dari atas dan bawah. Sudut pandang atas hanya sepuluh menit dari area parkir. Anda akan melihat tirai air terjun yang indah mengalir sehalus sutra. Untuk mencapai sudut pandang bawah, Anda harus melalui beberapa set tangga bambu dan sungai sempit, tapi saya berjanji itu akan sepadan. Pemandangan dari bawah luar biasa – Anda bisa merasakan kekuatan alam yang luar biasa dan air mengalir di dalam diri Anda. Ini pasti salah satu yang harus dikunjungi di Jawa Timur!

5. Gunung Semeru

Gunung Semeru, juga dikenal sebagai Mahameru, yang berarti “gunung besar”, merupakan gunung berapi aktif yang juga mendapat gelar sebagai gunung tertinggi di Jawa. Nama ini diambil dari kosmologi Hindu gunung Meru atau Sumeru; tempat tinggal para dewa. Gunung Semeru adalah salah satu tujuan pendakian paling populer di Indonesia, dan untuk alasan yang bagus. Pendakian yang memacu adrenalin ini menuntut keahlian mendaki yang baik dan mendorong Anda melampaui batas. Oleh karena itu, Poker99 merekomendasikan untuk pendaki yang lebih berpengalaman. Namun, semua penat setelah mendaki akan segera sirna saat sampai di tempat tujuan. Anda akan disambut dengan udara sejuk dan, tentu saja, pemandangan yang menakjubkan. Pasti satu untuk mereka yang berjiwa petualang!