17 Tempat Wisata di Sumba Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

17 Tempat Wisata di Sumba Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pulau Sumba sudah tidak diragukan lagi menyimpan banyak sekali keindahan alam yang luar biasa. Iklim lokal yang panas dan kering membuat sabana tumbuh luas seperti permadani di sini. Sumba Timur punya banyak destinasi wisata menarik!

Sulitnya menemukan sarana transportasi umum di Sumba Timur membuat banyak destinasi wisata disini cukup alami, karena jarang dikunjungi banyak wisatawan. Penasaran dengan destinasi wisata dan tempat wisata apa saja yang bisa Anda jelajahi di Sumba Timur? Simak kisah lanjutannya di bawah ini.

1. Warinding Hill

Bukit Warinding memang menjadi salah satu destinasi unggulan di Sumba Timur. Selain lanskap perbukitan yang paling megah di antara perbukitan lainnya, aksesnya mudah dan sangat dekat dengan Waingapu. Angin perbukitan yang sesekali menyapa Anda membuat Anda betah berlama-lama di sini!

2. Bukit Tanarara

Bukit yang satu ini mirip tapi tidak sama dengan Bukit Warinding. Ternyata perbukitannya tidak sebanyak Bukit Warinding, namun di sini Anda bisa melihat garis-garis halus yang tergambar di perbukitan dan menyajikan pemandangan unik yang tak terlupakan.

3. Bukit Persaudaraan, Mauliru

Jika bosan dengan pemandangan Bukit Warinding dan Tanarara, coba kunjungi Bukit Persaudaraan di Mauliru. Hamparan pemandangan persawahan yang hijau tersaji dengan sangat apik di hadapan Anda. Bahkan saat musim kemarau tiba, Anda tetap bisa menikmati hijaunya persawahan yang menyegarkan mata.

4. Mondu Hill

Akses menuju Pantai Tarimbang yang masih sulit membuat pantai ini masih terjaga. Meski begitu, pantai ini sudah lama terkenal di kalangan peselancar dunia. Bukit kapur yang megah di salah satu sisinya membuat pantai ini terlihat semakin garang dan anggun.

5. Pantai Puru Kambera dan Padang Savana

Pantai yang dikelilingi pohon pinus ini bukan sekedar pantai biasa. Arus yang tenang sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai Anda. Tak hanya pantai yang menggerakan magnet bagi wisatawan, kawasan sabana Afrika juga menjadi ikon utama pantai ini. Di musim hujan Anda bisa berfoto dengan bunga-bunga liar di gurun pasir!

6. Pantai Watuparunu

Pantai di sisi paling timur Pulau Sumba ini memiliki ciri khas tebing batu berlubang yang unik. Bentuk tebing yang menjalar sangat indah dipandang mata. Datanglah saat air sedang surut untuk bisa berjalan melewati lubang tebing Pantai Watuparunu.

7. Pantai Padadita

Pantai Padadita cocok sebagai tempat bermalas-malasan. Pantai ini merupakan bagian dari Padadita Beach Hotel di pinggiran Kota Waingapu. Di sini, Anda bisa duduk santai di gazebo sambil menikmati makanan dan minuman yang ditawarkan. Meski pantainya tidak terlalu luas, namun angin sepoi-sepoi dijamin bikin kamu betah tinggal di sini!

Ngarai Kembar, Air Terjun Tanggedu

Selain berada di desa terpencil bernama Tanggedu yang letaknya cukup jauh dari Waingapu, Anda juga harus melakukan trekking yang cukup melelahkan untuk mencapai air terjun ini. Namun rasa penat tersebut dijamin terbayar lunas segera setelah melihat keindahan air terjun. Air terjun ini juga memiliki bebatuan yang berlapis-lapis ala Grand Canyon. Berenang di sini mungkin tidak hanya terasa segar, tetapi juga sangat segar!

8. Air Terjun Hirumanu

Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 70 meter, Air Terjun Hirumanu termasuk air terjun yang megah di Pulau Sumba. Lokasinya berada di dekat jajaran pantai timur Sumba tepatnya di Desa Kananggar. Selain menikmati kesegaran air terjun, Anda juga bisa berfoto ria di atas bukit air terjun yang menyuguhkan bentang alam Sumba yang sangat luas.

9. Air Terjun Laiwi

Terletak di Desa Metawai Ama, air terjun ini memiliki ciri khas tebing batu yang tinggi dan pepohonan besar yang mengelilinginya. Jalan menuju ke sini masih belum diaspal sepenuhnya. Untuk menuju kesini, Anda bisa memarkir kendaraan di rumah Umbu Rehing dan membayar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

10. Air Terjun Kanabu Wai

Jika dilihat sepintas, air terjun ini terlihat seperti pancuran air yang keluar dari rerimbunan dedaunan hijau yang sangat alami dan menyegarkan. Untuk menuju kesini, Anda harus bersiap berjalan kaki selama 4 jam menyusuri hutan belantara Desa Maha Niwa. Jadi, persiapkan dirimu dulu!

11. Air Terjun Wai Marang

Berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun Waimarang ini bisa dikatakan berukuran sangat kecil. Kendati demikian, daya tarik dari air terjun ini adalah adanya kolam hijau berbentuk laguna Tosca dan pancuran air terjunnya. Indah, bukan?

12. Air Terjun Lewa Matchmate

Air terjun ini terlihat mirip dengan Air Terjun Wai Marang, namun dengan laguna yang tidak terlalu besar. Lokasinya yang tidak jauh dari jalan raya kecamatan Lewa menjadikannya destinasi yang sayang untuk dilewatkan!

13. Gua Kanabu Wai dan Gua Laditanana

Bagi Anda yang berjiwa petualang, Anda bisa menyusuri goa yang ada di Taman Nasional Matalawa. Ada dua gua yang berhasil dipetakan, yaitu Gua Kanabu Wai dan Gua Laditatana. Keduanya memiliki aliran air bawah tanah yang menakjubkan serta stalagnit dan stalaktit. Demi keamanan, jangan lupa mengundang guide ahli untuk menemani perjalanan Anda ke sini.

14. Bendung Kambaniru

Bendungan Kambaniru merupakan mata air yang mengalir di tengah perbukitan Sumba Timur yang dibuat untuk mengeringkan persawahan dan perkebunan milik masyarakat sekitar. Latar belakang perbukitan membuat pemandangan di Kambaniru semakin indah. Jika ingin pengalaman lain yang lebih mengasyikkan, Anda bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungai dari Bendungan Kambaniru. Hebat bukan?

15. Kain Tenun Sumba

Berwisata ke Sumba Timur, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke kampung adat tradisional yang menyimpan berbagai macam cerita tentang sejarah dan seni budaya Pulau Sumba. Desa Rende dan Umabarra Pau merupakan dua desa terkenal yang sayang untuk dilewatkan. Di sini, Anda bisa melihat bangunan pemakaman zaman megalitikum yang menakjubkan dan berbelanja kain tenun khas Sumba. Kain tenun dari dua desa ini terkenal dengan kualitas terbaik di seluruh Sumba.

16. Sakura Sumba Timur

Ternyata bunga sakura bisa kamu temukan di Sumba Timur! Sakura Sumba tumbuh dari awal September hingga Oktober. Menurut Situs Judi Bola88, pohon sakura di sini kabarnya dibawa oleh tentara Jepang pada masa penjajahan. Spot-spot sakura cantik ini bisa kamu buru di pesisir utara hingga timur Sumba Timur. Salah satunya bisa Anda temui dalam perjalanan menuju Pantai Puru Kambera.

17. Taman Kincir Angin Maubukol

Memanfaatkan potensi alam sumber daya angin, Sumba Timur memiliki pembangkit listrik tenaga angin yang berhasil menerangi Desa Kamanggih. Tak hanya menjadi sarana wisata edukasi, namun juga bisa menjadi spot foto yang bisa kamu tampilkan di media sosial.

Seru rasanya menjelajah alam sekitar Sumba Timur? Ayo segera, jadwalkan liburan Anda ke Sumba Timur!